Cara Mengetahui Alamat IP di Komputer Kita

Cara Mengetahui Alamat IP di Komputer KitaCara Mengetahui Alamat IP di Komputer Kita - Alamat IP atau yang sering disebut IP Address adalah singkatan dari Internet Protocol, IP terdiri dari jejeran atau deretan angka biner mulai dari 32-bit sampai 128-bit yang umumnya digunakan untuk mengidentifikasi alamat tiap komputer host yang terhubung atau connect ke jaringan internet. Mulai dari IP Versi 4 panjang angka binernya adalah 32-bit, sedangkan untuk IP Versi 6 mencapai 128-bit, yang menunjukan alamat dari setiap notebook, netbook, laptop, dan komputer atau perangkat keras lainya pada jaringan internet berbasis Transmission Control Protocol (TCP)/Internet Protocol (IP). IP adress bersifat unik dan tidak duplikat, jadi 1 alamat hanya digunakan untuk 1 host local server saja, misalnya IP Google 216.239.51.99, dan alamat tersebut hanya dipakai oleh Google saja.

Jika komputer dirumah anda terhubung dengan jaringan internet, maka alamat tersebut adalah alamat yang menjadi identitas kartu jaringan (network card) di komputer anda untuk berinteraksi atau dengan jaringan perangkat lainya (agar bisa saling membedakan dan saling berkomunikasi). Bagi kita yang gemar ber-selancar atau ber-surfing ria di internet, ada baiknya untuk mengetahui alamat IP dari komputer anda, karena mungkin suatu saat akan dibutuhkan untuk melacak keberadaan komputer kita (untuk data identitas), terutama bagi anda yang bergelut di bidang Ilmu Teknologi (IT), tentunya ini menjadi hal yang wajib untuk anda kuasai.

Sebenarnya ada beragam cara untuk melihat IP Adress di komputer kita, bisa manual melalui perangkat lunak (software) run, maupun melalui online, karena sekarang ini banyak sekali situs-situs di internet yang menyediakan jasa untuk memeriksa IP Address, dan tentunya lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan perintah kepada aplikasi run, namun pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas kedua-duanya. Well, bagi anda yang berminat untuk mengetahui IP Address komputer anda, silahkan disimak yang berikut ini.

  • Menggunakan Cara Manual

1. Klik start pada logo Windows.
2. Buka aplikasi run.
3. Lalu, ketikkan cmd pada box diseblah tulisan 'open'.
4. Selanjutnya akan muncul window Command Prompt seperti gambar di bawah, ketikkan ipconfig, klik enter.

Setelah itu hasilnya akan keluar, anda bisa melihat IP adress atau alamat IP dari kartu jaringan yang disisipkan pada hardware di dalam komputer atau laptop anda. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini, IP adress terletak diatas subnet mask dan default gateway, dan kode IP perangkat anda ada di seblah tulisan IP Address, misalnya pada gambar di bawah ini IP komputer saya adalah 192.168.1.103.

Cara Mengetahui Alamat IP di Komputer Kita











5. Selesai.

  • Menggunakan Cara Online

1. Buka situs www.ip-adress.com.
2. Nanti langsung keluar alamat IP address dari perangkat anda beserta ISP of your IP dan lokasi IP address anda, seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengetahui Alamat IP di Komputer Kita







3. Selesai.

Keterangan:
  • Untuk memeriksa detail info tentang identitas komputer anda yang meliputi DNS server, dan sebagainya, ketikkan ipconfig/all pada command prompt tadi.
  • IP Address adalah alamat jaringan dari host yang anda gunakan untuk connect ke internet, jadi pada saat perangkat anda tidak terhubung ke koneksi internet, maka IP address anda pada command prompt tidak akan muncul.

Bagaimana? mudah bukan cara mengetahui alamat IP di komputer kita, baca juga artikel lain seputar windows 8 generasi terbaru tentang Acer Iconia PC Tablet dengan Windows 8. Demikian informasi tentang Cara Mengetahui Alamat IP di Komputer Kita, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TULISKAN.com

2 :

  1. njiirrrrrr

    ip host gw yg gw cek secara online n offline kok beda?

    ReplyDelete
  2. Jual Aneka Produk Import Kosmetik Dan Dildo Pasutri, Tersedia :
    1. Obat Penghilang Tato Permanent
    2. Boneka Full Body Cantik Jepang
    3. POTENZOL - Obat Perangsang Wanita Joss
    4. Obat Vitalitas Pria Africa Black Ant
    5. Vacum Pembesar Penis+Perpanjang Penis
    6. Penis Tekuk Manual Silikon
    7. Ring Getar Silikon / Ring Silicon Vibrator
    8. Pil Pembesar Payudara, Bikin Besar Dan Padat Berisi
    9. Alat Bantu Sex Wanita Vibrator Lida

    -> Lihat Testimoni Dan Bukti Pelangan Kami -> Cek disini
    -> Jika anda berminat dengan produk-produk kami, Silahkan hubungi kami.
    -> Untuk Info Detail Silahkan Kunjungi website Kami : http://hokimarket.com

    ReplyDelete

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!