15 Makanan Yang Mengandung Sumber Zat Besi

15 Makanan Yang Mengandung Sumber Zat Besi
TULISKAN.com - Seiring dengan berkembangnya gaya hidup atau lifestyle, kini masyarakat seringkali lupa akan memenuhi pola hidup dan pola makan yang sehat, karena alasan pekerjaan dan pergaulan mereka jadi melupakan apa yang seharusnya mereka penuhi demi kesehatan, karena pada dasarnya kita seringkali menyepelekan atau menggampangkan masalah tentang kesehatan tubuh, akan tetapi sebenarnya itu adalah barang berharga yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita.

Untuk menjaga pola hidup yang sehat dan ideal, tentunya kita juga harus mengkonsumsi makan-makanan atau asupan gizi yang seimbang dan proporsional guna membantu tumbuh kembang tubuh kita, dan makan-makan itu semua bersumber dari berbagai macam tipe, seperti hewani, sayur, olahan, dan buah, oleh karena itu, mulai dari sekarang biasakanlah untuk hidup sehat dan teratur.

Makan-makanan yang sehat mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, seperti yang sering kita jumpai pada menu makan sehari-hari, seperti telur, sayur, ikan, daging, dan lain sebagainya, namun terkadang dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari kita lupa akan zat yang penting dan diperlukan oleh tubuh kita, yakni Zat Besi. Zat besi adalah suatu zat yang ada di dalam tubuh kita yang berhubungan erat dengan jumlah ketersediaan darah yang diperlukan oleh organ-organ di dalam tubuh kita.

Kegunaan Zat Besi ini sangat beragam bagi tubuh, seperti misalnya mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengalirkanya ke jaringan-jaringan di seluruh tubuh, serta mengangkut elektron pada proses pembentukan energi yang bertempat di dalam sel.

Zat Besi dapat kita peroleh dari berbagai macam sumber makanan, karena hampir mayoritas menu makanan pokok kita adalah asupan yang mengandung zat besi, untuk lebih lengkap dan jelas mengetahui apa saja makanan yang mengandung zat besi, dibawah ini TULISKAN.com juga sudah merangkum 15 makanan yang menandung sumber zat besi yang dilansir dari Tabloid Genie (10/7/13).

Sumber Zat Besi dari Sayuran
  1. Kulit Kentang. Dari sebuah penelitian diketahui bahwa kulit kentang mengandung zat besi 5x lebih besar daripada yang dikandung didalam dagingnya.
  2. Bayam. Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang paling banyak mengandung zat besi dan iron. Dalam 100 g bayam hijau saja terkandung 3,5 mg zat besi dan 16 kkal energi.
  3. Kangkung. Kangkung adalah sayuran yang merupakan sumber Vitamin A, B, dan C. Kangkung juga merupakan salah satu sayuran yang kaya akan Zat Besi dan Kalium (Seperti yang ada didalam Pisang).
  4. Jagung. Jagung dikenal memiliki kandungan Vitamin A dan C yang baik. Sayuran yang biasa dijadikan salad ini juga kaya akan kandungan zat besi dan tembaga.
  5. Kacang-kacangan. Kacang-kacangan memiliki kandungan zat besi lebih banyak dari sumber yang lainya. Dalam 100 g kacang terdapat 5 mg zat besi dan 102 mg kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Sedangkan didalam 100 g kacang kedelai terkandung 381 kkal energi dan 10 mg zat besi. 
Sumber Zat Besi Hewani
  1. Telur. Telur kaya akan semua mineral dan vitamin, termasuk zat besi, protein, dan vitamin B. Telur sangat baik untuk dikonsumsi pada saat sarapan pagi karena mengandung jumlah energi yang diperlukan oleh tubuh.
  2. Daging Sapi. Daging Sapi dikenal sebagai salah satu jenis daging yang kaya akan protein dan Zat Besi. Dalam 100 g daging sapi segar terdapat 201 kkal energi, 14 g lemak, dan 2,8 mg kandungan zat besi.
  3. Ikan. Seperti yang kita ketahui, Ikan adalah hewan laut yang kaya akan omega-3 dan 6. Ikan sarden yang biasa kita makan diketahui mengandung zat besi sebanyak 2,5 mg per 100 g, sedangkan 100 g ikan baronang mempunyai kandungan zat besi sebanyak 3,8 mg. Ikan salmon dan ikan tuna juga diketahui mengandung banyak zat besi dan omega.
Sumber Zat Besi dari Buah-buahan
  1. Prune. Buah ini diketahui mengandung lebih banyak zat besi ketimbang apel dan pepaya. Dalam buah prune yang dijus terdapat kandungan setara dengan 3 mg zat besi.
  2. Aprikot. Buah aprikot ini juga diketahui memiliki banyak kandungan atau kaya akan zat besi yang diperlukan oleh tubuh.
  3. Bit Hijau. Buah bit hijau merupakan salah satu sumber buah yang kaya akan vitamin A dan B12. Buah ini juga diketahui banyak menyimpan kandunan zat besi yang baik bagi tubuh.
Sumber Zat Besi dari Makanan Olahan
  1. Roti Gandum. Roti Gandum adalah salah satu bentuk olahan dari padi gandum yang kaya akan zat besi, bahkan roti gandum juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan zat besinya.
  2. Kismis. Siapa yang tak tahu makanan manis yang satu ini ini? Kismis dapat membantu mengatasi kondisi tubuh yang asam. Dalam buah ini juga terdapat kandungan mineral dan vitamin yang banyak, khususnya Zat Besi.
  3. Sereal. Tentunya anda suka makanan lezat yang biasa dijadikan sarapan ini bukan, dalam tiga perempat cangkir atau segelas sereal terkandung sebanyak 18 mg zat besi. Sementara oatmeal memiliki kandungan 11 mg zat besi per 100 g.
  4. Yoghurt non-fat atau susu skim. Makanan yang kaya akan rasa ini dikenal sebagai salah satu olahan yang banyak mengandung zat besi, selain itu, Youghurt non lemak dan susu skim ini juga terdapat sepertiga kandungan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Demikian informasi terbaru tentang 15 Makanan Yang Mengandung Sumber Zat Besi, simak juga artikel dan ulasan menarik lainya seputar pengetahuan dan kesehatan tubuh tentang Mencegah Kanker Payudara dengan Rajin Makan Ikan, semoga bermanfaat, dan menambah wawasan kita semua.

Sumber : Tabloid Genie Edisi 46 (28 Juni - 4 Juli 2013)
Sumber Gambar : pusatstokis.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TULISKAN.com

1 komentar:

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!