Cara Mengatur Ukuran Semua Gambar pada Artikel Blog Secara Otomatis

Cara Mengatur Ukuran Semua Gambar pada Artikel Blog Secara Otomatis
Cara Mengatur Ukuran Semua Gambar pada Artikel Blog Secara Otomatis - Judulnya panjang sekali ya sobat, hehe, pada kesempatan kali ini saya akan mengangkat salah satu topik yang pernah ditanyakan oleh seorang pengunjung kepada blog ini, yaitu tentang bagaimana me-resize atau mengatur ukuran dari semua gambar yang ada pada artikel, karena terkadang gambar yang kita upload ukuranya selalu berbeda-beda dan tidak sesuai dengan keinginan kita, maka dari itu apabila anda ingin semua gambar tersusun rapi dan sesuai ukuranya anda bisa menggunakan cara simple yang saya akan terangkan pada pembahasan kali ini.

Cukup dengan menambahkan beberapa kode css anda sudah dapat mengatur gambar-gambar di blog sesuai dengan keinginan anda, selain untuk mempercantik penampilan, biasanya fungsi ini juga seringkali digunakan sebagai sarana "bersih-bersih blog" atau sekedar mengatur agar seluruh gambar pada artikel terlihat match dan serasi.

Jika anda memiliki blog yang bertemakan gallery, maka sudah sepatutnya anda menggunakan fungsi ini, pasalnya gallery akan terlihat lebih anggun jika semua foto-foto atau hasil jepretanya dalam satu ukuran yang sama, namun anda juga harus memperhatikan komposisinya, karena ada foto yang bertipe potrait (memanjang kebawah keatas) dan landscape (melebar ke kanan ke kiri).

Cara Mengatur Ukuran Gambar Blog

1. Login ke Blogger.

2. Pilih Template.

3. Klik Edit HTML.

4. Klik tanda panah disebelah kode <b:skin>...</b:skin> (untuk membuka seluruh kode css).

Cara Mengatur Ukuran Semua Gambar pada Artikel Blog Secara Otomatis








5. Cari kode ]]></b:skin> (gunakan CTRL+F), lalu letakkan kode dibawah ini tepat diatas-nya.

.post-body img {
width: 300px;
height: 250px;
border: 1px solid #aaa }

Keterangan:
  • 300px : Ukuran Lebar Gambar.
  • 250px : Ukuran Tinggi gambar.
  • 1px : Ketebalan Border/Garis Tepi gambar (jika tidak ingin gambar memakai border, berikan saja angka 0).
  • #aaa : Warna Border/Garis Tepi gambar.
6. Klik "Simpan/Save" Template, dan selesai.

Demikian informasi terbaru tentang cara mengatur ukuran semua gambar pada artikel blog secara otomatis, baca juga artikel menarik lainya seputar tutorial blog tentang cara membuat email subscription minimalis di blog, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Sumber Referensi : Blogtipz
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TULISKAN.com

6 :

  1. kebetulan nih, jadi ndak perlu edit satu persatu gambarnya. mksh triknya mas

    ReplyDelete
  2. @Indah P:Iya Sob, jadi lebih mudah kalau mau semuanya dirubah, pakai trik otomatis ini aja, hehe:)

    ReplyDelete
  3. Berapapun ukuran gambar yang diupload berubah otomatis ya? Proporsinya jadi tidak imbang dong.

    ReplyDelete
  4. @Rasito Rasta:iya mas memang begitu konsekuensinya, jadi setiap gambar akan disesuaikan dengan ukuran yang telah ditetapkan.

    ReplyDelete
  5. @pakaiandanspreibola murah:iya sob, jadi mudah bukan mengatur ukuran gambar, semoga bermanfaat:)

    ReplyDelete

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!