Sejarah Penemuan Sepeda

Sejarah Penemuan Sepeda - Sepeda adalah sistem transportasi personal dua roda yang tenaganya berasal dari hasil kayuhan kaki, pedal dan gerigi. Sepeda ditemukan dan dikembangkan pada tahun 1885 oleh John Starfley dari Coventry, Inggris.

Sejarah Penemuan Sepeda













Sepeda adalah sistem transportasi pertama yang memindahkan mobilitas personal dan kecepatan bagi masyarakat umum. Sepeda lebih murah ketimbang kuda dan kereta (pada akhir tahun 1800-an). Sepeda lebih cepat dan menyenangkan ketimbang jalan kaki. Di beberapa bagian dunia, sepeda masih menjadi tren utama untuk transportasi masyarakat perkotaan.

Sepeda juga alat perubahan sosial. Sepeda mempromosikan persamaan perempuan kelas menengah dan kelas atas. Pengendara sepeda perempuan berubah menggunakan pakaian yang lebih praktis yang sebelumnya menggunakan baju atas yang sangat besar.

Akhirnya, sepeda menjadi inspirasi beberapa desain automobil. Pembuat sepeda pada tahun 1880-an dan 1890-an menjadi pembuat otomobil pertama pada abad selanjutnya: Peugeot di Perancis, Humber, Morris, dan Rover di Inggris. Apakah pembuatan sepeda seperti yang mereka praktekkan, mereka terapkan pada mobil.

Sejarah Penemuan

Apa yang dilakukan Manusia sebelum ditemukanya sepeda? Kebanyakan orang selalu berjalan. Berjalan adalah sarana untuk pergi ke tujuan-tujuan yang diinginkan. Kebanyakan orang berpengalaman dalam berbagai perjalanan dengan berjalan cepat, pada umumnya dengan kecepatan dua hingga tiga mph. Orang-orang kaya menunggang kuda (atau kuda yang menarik kereta) dengan kecepatan rata-rata sekitar 8 mph. Kereta (pada pertengahan 1800-an) rata-rata berjalan dengan kecepatan 18 hingga 20 mph.

Bagaimana Sepeda Ditemukan?

Sepeda tidak dibuat dalam satu penemuan yang brilian, melainkan sedikit demi sedikit, satu gagasan pada saktu waktu, hingga pada tahun 1885, John Starley melengkapi gagasan final dan membuat sepeda berfungsi secara sempurna.

Tahap pertama terjadi pada tahun 1817 ketika penemu dari jerman, Baron von Drais mengenalkan dua roda kreasinya di Paris. Sepeda Baron tidak dapat digunakan di Perancis, tapi kemudian itu menjadi hal yang populer sebagai alat permainan di Inggris sebelum tahun 1820-an dan 1830-an.

Fakta Lucu

Ada lebih dari jutaan sepeda di dunia, dua kali lebih banyak dari mobil. Sepeda paling banyak adalah di Republik Rakyat China (RRC), yaitu kurang lebih sekitar 400 juta.

Demikian sedikit ulasan tentang intisari pengetahuan umum populer tentang sejarah penemuan sepeda, baca juga artikel mengenai sejarah dan penemuan-penemuan hebat lainya tentang sejarah penemuan mesin cetak. Akhir kata, saya ucapkan mohon maaf bila ada salah penulisan, dan semoga bermanfaat, serta menambah wawasan kita semua tentang sejarah orang-orang yang berjasa bagi dunia, karena tanpa mereka dunia tidak akan seperti yang sekarang kita nikmati ini.

Sumber : 100 Penemuan Sains Terhebat Sepanjang Masa (Kendall Haven - Penerbit venus)
Written by : Muhammad Farhan
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TULISKAN.com

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!