Penjelasan Singkat Mengenai Virus

Farhan Share - Sobat farhan pastinya sudah mengenal virus dan bakteri bukan saat berada di bangku sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Ya, sobat farhan memang virus pada umumnya kurang disukai oleh manusia kebanyakan, karena dipercaya dapat menimbulkan penyakit, dan akan banyak ber-dampak negatif bagi dirinya. Tapi sebelum kita berpikiran negatif tentang virus, lebih baik kita simak secara seksama Penjelasan singkat tentang Virus yang sudah farhan rangkum di bawah ini, di simak baik-baik ya.

Ilustrasi Virus
Penjelasan Singkat Virus.

Virus merupakan salah satu faktor penyebab penyakit seperti HIV, influenza, flu burung, mosaik tembakau, dan virus kentang. Salah satu sifat virus adalah mampu bertahan di dalam sel/jaringan makhluk hidup dan kemudian menyerang sel/jaringan tersebut jika kondisi memungkinkan (misalnnya saat daya tahan tubuh sedang menurun).

Adolf Meyer (Wikipedia.Org)
Keberadaan virus mulai diketahui sejak adolf meyer, seorang ilmuwan jerman, pada 1883 menemukan bahwa tanaman tembakau yang mengalami penyakit berbintik kuning dapat menularkan penyakitnya kepada tanaman tembakau sehat.

Penelitian itu diulangi oleh Dmtri Ivanowsky pada 1983. Oleh Ivanowsky, ekstrak daun tembakau yang terkena penyakit bintik kuning disaring dengan saringan bakteri. Hasil penyaringan itu masih menyebabkan penyakit jantung jika disuntikkan pada tanaman tembakau sehat. Berdasarkan Hal Itu, dapat disimpulkan bahwa penyebab penyakit berukuran lebih kecil dari bakteri karena lolos dalam saringan bakteri.

Pada 1897, seorang mikrobiolog Belanda, Martinus W. Beijerinck, melakukan percobaan terhadap penyakit bintik kuning tersebut. Hasil dari percobaanya menunjukkan bahwa patogen (penyebab penyakit) sebagai agen itu hanya dapat berkembang biak pada makhluk hidup. Pada 1935, seorang ilmuwan amerika, bernama Wendell Stanley, menemukan bahwa walaupun telah dikristalkan patogen itu masih mampu menimbulkan penyakit jika disuntikkan pada tembakau yang sehat. Stanley memberi nama patogen tersebut tobacco mosaic atau TMV (virus mosaik tembakau). Virus berasal dari bahasa latin yang berarti racun atau bersifat membunuh

Demikian sobat farhan artikel tentang Penjelasan Singkat Virus, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan kita khususnya dalam bidang Ilmu Sains, bila sobat farhan mempunyai pertanyaan seputar virus dan unsur-unsurnya, sobat bisa comment di bawah, insya allah nanti farhan akan jawab.

Source : Buku RPAL (JavaLitera)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TULISKAN.com

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!